Monday, January 23, 2017

Markibun (11): Ketika Tomat Berbuah Lagi dan Tips Mengurangi Hama



Assalamualaikum.

Sudah lama saya ga apdet kebon. Seperti yang sesekali saya singgung, saya sempet lesu ketika melihat hama menyerang tanaman saya. Kecewa. Bener-bener ga semangat ngebon lagi.

Tapi ada si jahe, kunyit dan temu kunci yang bertahan di tengah gempuran hama itu. Eeaa, bahasanya. Jadi semangat lagi deh, sambil cari jalan untuk melawan si hama.


Hama yang saya maksud di sini adalah kutu putih yang menyerang daun tomat serta cabe-cabean; dan selaput-selaput mirip sarang laba-laba yang menyerang kangkung, seledri, dan daun jeruk. Kalau mereka sudah nongol, panik pun datang.

Pohon cabe yang terserang hama, masih bisa berbuah
walau tampak menyedihkan

Saya makin kesulitan karena ga paham pestisida yang bisa dipakai untuk kegiatan ngebon di rumah. Ga paham dan ga berani juga. Pilihan pestisida nabati pun sulit karena bahan bakunya ga ada. Akhirnya saya coba ala kadarnya. Yang penting usaha dulu ya, kan?

Alhamdulillah, akhirnya usaha itu membuahkan hasil ketika melihat seledri bisa tumbuh subur lagi dan pohon tomat berbuah banyak. Pohon daun jeruk pun bertunas di beberapa titik. Masya Alloh. Senangnya hatikuuu. ^_^

Ada berapa tomat di dalam foto ini? ^^
Foto diambil di bulan November 2016

Nah, berikut ini beberapa jagoan yang membantu saya memerangi hama:

1. Air cabe
Air cabe menjadi pilihan utama untuk membasmi hama. Cabe, usahakan yang pedas, diiris, beri air, saring dan masukkan ke dalam botol semprotan. Kemudian semprotkan ke seluruh bagian tanaman terutama daun dan bunga. Jika masih ada sisa air cabe, siramkan ke bagian akar. Lakukan penyemprotan di pagi hari, seminggu sekali atau dua kali.

Jika membeli cabe pedas di musim panas, simpan di freezer dalam wadah tertutup. Di musim dingin, si cabe tetap bisa digunakan.

2. Air baking soda
Ini resep yang saya temukan di satu tempat, saya lupa. Yang pasti sesekali saya coba. Campurkan air, kurang lebih 2 liter dengan satu sendok makan baking soda. Aduk rata dan siramkan pada tanah. Saya lakukan seminggu sekali.

3. Aspirin
Ini resep dari mertua. Dia bilang kalo tanaman kena hama, kasih aspirin. Lucu ya? Tapi saya belum terlalu sering melakukannya dan belum melihat efek pemakaiannya. Cara pakainya sama seperti air baking soda.

4. Bubuk penyedap
Kalau daun tanaman terlihat layu, bisa jadi kurang air. Untuk mengembalikan kesegaran, beri sedikit bubuk penyedap dan jangan lupa disiram.

Itulah kira-kira para pemandu sorak saya yang membantu mengembalikan semangat ngebon. Selain itu, belakangan saya menghentikan pemberian pupuk cair yang saya buat sendiri. Saya hanya menggunakan air keran dan sesekali air cucian beras untuk menyiram tanaman.

Selamat ngebon. ^_^
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...